*OM SWASTIASTU* selamat datang di website ikatan keluarga besar trisakti hindu

Live From Twitterland

   

Mengenal Jalur-jalur Kundalini

Ditubuh manusia terdapat tiga jalur besar atau tiga nadi besar, yaitu jalur sushmna, jalur ida, jalur pinggala. Ketiga jalur besar tersebut berkumpul menjadi satu di chakra mooladhara. Anda tahu trisula? sebuah tombak bercabang tiga. Ya seperti itulah ketiga jalur itu berada di tubuh kita. Ketiga jalur besar itu bernama ” Trisula”. atau “ular bermahkota”

Jalur Ida

jalur ini banyak dikenal sebagai jalur bulan atau jalur dingin. Banyak pembangkitan kundalini dilakukan melalui jalur ini. mengapa? karena kundalini sangat mudah dinaikan melalui jalur ini. Untuk wanita tidak masalah pembangkitan kundalini dilakukan melalui jalur ini. Tetapi untuk laki laki lebih baik berpikir ulang karena akan menyebabkan impotensi yang cendrung bersifat menahun, menunggu sampai jalur pinggala aktif.

Jalur ida juga dikenal sebagai saraf simpatetik kiri. Saraf yang mengatur ego manusia. Ada aliran spiritual yang memproklamasikan dirinya sebagai aliran penyembuh. Tanpa mereka ketahui sebenarnya mereka menghantam jalur ida ini. Orang yang di hantam jalur idanya akan berkelakuan seperti orang yang kesurupan meraung-raung bahkan berkelakuan seperti binatang. Hal ini karena saraf simpatetik kiri berhubungan dengan otak kecil bagian kiri. Otak peninggalan fase evolusi primitif. Banyak penyimpangan spiritual terjadi dengan memakai jalur ini, mengundang pribadi-pribadi mati untuk datang, sehingga merugikan pencari spiritual yang serius dalam pencariannya.

Jalur Pinggala

ini adalah jalur panas atau jalur matahari. Jalur ini disebut juga sebagai saraf simpatetik kanan. Jalur ini mengatur superego (ego kebaikan). Jenis jenis mantra kuno, jenis-jenis pembangkitan kundalini kuno sebagian besar memakai jalur ini. Sekarangpun anda masih dapat menemukan kebiasaan memakai tangan kanan sebagai kebaikan dan tangan kiri sebagai kejahatan. Memang ada benarnya juga karena rata-rata pemakai tangan kanan adalah orang yang aktif otak besar kirinya. Orank besar kiri berhubungan dengan logika, sedangkan otak besar kanan berhubungan dengan rasa/perasaan

Saraf simpatetik kanan ini berhubungan dengan otak kecil kanan. Sesuai dengan sifatnya, otak kecil kanan/otak bawah sadar kanan adalah positif. Nanti penulis turunkan pemakain otak bawah sadar untuk spiritual. Otak bawah sadar ini punya kemampuan khusus dan terhubung dengan bawah sadar universal. Namun kemampuan ini kadang sering disalahgunakan untuk mencelakai orang (hipnotis)

Jalur Sushumna

Jalur ini kadang disebut sebagai saraf parasimpatetik atau saraf yang mengatur gerak refleks. Dengan jalur ini anda akan berlaku dan bersikap spontan dalam kehidupan, jauh dari topeng dan sikap kepura-puraan atau bicara sekedar lip service. Hebatnya lagi jalur ini dapat melebar hingga selebar mungkin.

Di jalur sushumna ini terdapat tiga jalur energy. Artinya satu jalur sushumna dapat dilalui tiga energy yang berlainan tanpa terjadi tabrakan. Jalur terdalam di jalur sushumna dialiri energy kundalini, selanjutnya jalur kedua diisi energy illahi dan jalur ketiga diisi energy chi biasa atau energy prana. Dengan kata lain, sushumna kita simbulkan 3 in 1

Para pembangkit atau grand master spiritual kundalini kebanyakan menggunakan jalur sushumna ini. Pada waktu kundalini anda pertama kali dibangkitkan, jalur sushumna ini masih sangat sempit, akan tetapi dengan berjalannya waktu, jalur sushumna akan mulai terbuka lebar. Rasa panas akan semakin berkurang karena gesekan dengan energy negatif mulai berkurang, Ingat! jangan hentikan latihan apabila anda tidak merasakan energy lagi. Tetaplah berlatih, minimal sekali sehari. Meditasi yang telah di ajarkan guru perlu dilatih terus sehingga kundalini anda terus naik dan membesar.

Manfaat Sembahyang dan melukat untuk kundalini.

Disarankan kepada murid-murid rajinlah sembahyang dan melukat. karena tidak disadari ketika kita sembahyang kita menyerap energy Tuhan (Illahi) untuk membersihkan jalur ini. sedangkan melukat untuk mempercepat keluarnya partikel-partikel energy negatif yang di pecah oleh kundalini. Energy negatif yang tertimbum bertahun-tahun berbentuk kristal berwarna hitam. Ketika kundalini naik akan dipecah hingga berbentuk pertikel-pertikel kecil dan menyebabkan badan kita terasa panas. Sembahyang, melukat dan berlatihlah meditasi terus menerus niscaya kundalini anda akan cepat berkembang dan bersinar hingga puncaknya keluar dari tubuh, berwarna bening dan menyatu kepada beliau (Tuhan) spiritual anda akan mendekati sempurna.

Iklas mempercepat naiknya kundalini

Dalam kehidupan masa lalu kesadaran anda kurang maju dibandingkan saat ini, sehingga dalam menyikapi sesuatu menimbulkan karma. Karma itu terjadi sesuai dengan pola pikir kita dan daya pandang kita terhadap hidup ini. Segala sesuatu di alam semesta ini dikendalikan Sang Pencipta, Tuhan itu sendiri. Hanya manusia yang tidak bisa terlepas, Baik buruk dosa dan pahala adalah relatif. Jangan bersedih apabila mendapat nasib buruk, jangan terlalu senang ketika mendapat keberuntungan. Jangan terlalu berharap sesuatu. Just do it. Lakukan saja. jalani hidup ini. Biarkan mengalir jangan melawan atau anda akan kandas. Biarkan sifat dan kuasa Tuhan dalam diri bekerja ingatlah sembahyang lakukan jangan sampai ada beban dalam diri dan orang lain. Keiklasan akan menuntun dan membantu Roh kita yang terbelenggu dalam panca maha buta (sifat-sifat hewani) sehingga mampu membebaskan diri kita dari sifat-sifat angkara murka. Gunakan akal dan pikiran yang sehat dalam menyebrangi lautan duniawi ini sehingga tujuan hidup ini kita temukan… Semoga !!